Monday, December 24, 2018

ESSAI KORELASI ANTARA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN, EKONOMI GLOBAL, LAHIRNYA PROFESI “JAMAN NOW”, DAN KARAKTER LULUSAN PERGURUAN TINGGI YANG BERDAYA SAING DI ERA ‘’JAMAN NOW”


NAMA            : TESSA MILTASARI
MATKUL       :SISTEM EKONOMI MANAJEMEN
NPM               :1651010443
KELAS/JUR   :F/5/EKONOMI ISLAM
N.DOSEN      : Nina Rahmadhani Wulandari.S.Kom.,MM


ESSAI
KORELASI ANTARA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN, EKONOMI GLOBAL, LAHIRNYA PROFESI “JAMAN NOW”, DAN KARAKTER LULUSAN PERGURUAN TINGGI YANG BERDAYA SAING DI ERA ‘’JAMAN NOW”

Seiring perkembangan zaman (globalisasi/ jaman now) memepengaruhi segala bidang. Seperti perubahan ekonomi industrial, perubahan perusahaan, perubahan teknologi kominikasi yang kian canggih. Perkembangan teknologi itu sendiri perpengaruh pada perkembanga sistem informasi manajemen yang sangat signifikan dalam pola pengambilan keputusan yang diambil oleh manajemen. 
Alvin Toffler pernah mempredikasi bahwa setelah melewati era pertanian kemudian industri maka selanjutnya adalah era dimana teknologi informasi memiliki peranan yang sangat penting yang disebut era Informasi. Dengan semakin meningkatnya transportasi dan komunikasi antar negara menyebabkan hubungan dan ketergantungan antar bangsa melalui perdagangan, pariwisata, dan investasi menyingkirkan batas-batas geografis, ekonomi dan budaya antar negara menjadi bias. Hal ini menjadi proses alamiah yang membawa seluruh bangsa dan negara di dunia semakin terikat satu sama lain, mewujudkan satu tatanan kehidupan baru yang bersifat universal atau global yang di identifikasi sebagai Era Globalisasi.
Tanpa disadari, pengaruh teknologi semakin besar dalam kehidupan kita. Sudah banyak pekerjaan yang sebelumnya dilakukan oleh manusia digantikan oleh keberadaan mesin-mesin canggih, bahkan robot. Adanya Internet juga mengubah cara banyak bisnis dijalankan. Saat ini kita bisa melihat munculnya banyak online shop yang memungkinkan semua orang untuk memulai bisnis dengan modal kecil, tanpa perlu menyewa tempat dan memperkerjakan karyawan. Fenomena ini mengakibatkan lowongan kerja dalam bidang tertentu berkurang, sekaligus membuka beberapa lapangan pekerjaan baru yang sebelumnya tidak ada, atau bahkan tidak pernah muncul dalam bayangan kita.
salah satu dampak dari meningkatnya teknologi didunia maka banyak perguruan perguruantinggi yang menerapkan pendidikan karakter dalam bebarapa tahun ini, sekolah-sekolah maupun perguruan tinggi mulai menerapkannya bagi siswa-siswinya maupun mahasiswanya di sekolah maupun di perguruan tinggi (PT). Memang pendidikan karakter sudah mulai di gencarkan, walaupun hasilnaya belum kita lihat dan rasakan sekarang. Program pendidikan karakter yang telah berkembang sudah bagus, namun bagaimanapun juga harus tetap ada evaluasi.
Oleh karena itu, pendidikan karakter ini harus benar-benar ditanamkan pada anak-anak sebagai bekal ketika meraka bertindak ataupun bersikap didalam lingkungan masyarakat dan tidak melenceng dari agama yang diyakininya. Dan akan mewujudkan bangsa Indonesia yang berkarakter, sehingga bisa menjadi panutan bagi Negara-negara yang ada di seluruh dunia. Selain itu, dengan pendidikan karakter dapat menjadikan generasi muda lebih berkarater lagi, dan dengan pendidikan karakter itu generasi muda dapat memilih kebudayaan, pengetahuan, dll yang sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia.










DAFTAR PUSTAKA

Diakses di https://www.academia.edu/10127866/Sistem_Informasi_Manajemen pada tanggal 14 desember 2018 pada pukul 08:00 wib.
Diakses di https://www.hotcourses.co.id/study-abroad-info/subject-info/10-pekerjaan-baru-generation-y/ pada tanggal 14 desember 2018 pada pukul 09:00 wib.
Diakses di https://www.kompasiana.com/fachrudin/5652bfc4397b61bb076e630c/essay-on-the-spot-globalisasi pada tanggal 14 Desember 2018 pada pukul 10:15 wib.
Diakses di http://120910201085.blogspot.com/2014/04/sistem-informasi-manajemen-pada-era.html pada tanggal 14 Desember 2018 pada pukul 10:44 wib.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Laporan Magang Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandar Lampung Tahun 2020

  LAPORAN MAGANG DINAS LINGKUNGAN HIDUP KOTA BANDAR LAMPUNG   Disusun oleh : TESSA MILTASARI              1651010443       ...