Friday, March 31, 2017

ESSAI PERKEMBANGAN DAN POLA ASUH TERHADAP ANAK



 ESSAI TENTANG PSIKOLOGI PERKEMBANGAN ANAK 

TERHADAP POLA ASUH ORANG TUA


Nama                          :Tessa Miltasari
Kelas/ jurusan           : F/Ekonomi Islam
Mata kuliah               :Bahasa Indonesia
NPM                           :1651010443
Dosen Pengajar         : Rositi M.pd

ORANG TUA DAN POLA ASUH
TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK

            Masa  anak-anak  merupakan  masa  yang  paling  menyenangkan  dalam  hidup  setiap  manusia.  Dimasa  ini  anak-anak   tidak  perlu  memikirkan  hal-hal  yang  rumit seperti  pekerjaan  dll. Mereka  hanya  perlu  memikirkan  tentang  belajar  dan  bermain  serta  mendapatkan  kasih  sayang  dari  orangtua  mereka  saja.  Masa  ini  berlangsung  dari  umur  5  tahun  sampai  umur  11  tahun.  Pada  periode  ini  perkembangan  sensorik  serta motorik  pada  anak  sedang  mengalami  perkembangan  yang  cukup  signifikan.  seorang ahli filisof bernama piaget mengungkapkan bahwa ada beberapa tahapan dalam perkembangan  kognitif  pada  anak  diantaranya  adalah:
1.      Stadium  sensorik-motorik  (0-18  atau  24  bulan)
Pada  periode  ini  anak-anak  beranggapan  bahwa  apapun  yang  ia  lihat,  ia  sentuh, ataupun  ia  dengar  itu  dianggap  tidak  ada  meskipun  sesungguhnya  benda  itu ada.
2.      Stadium  pra-operasional  (18 bulan -7 tahun)
Pada  periode  ini  anak-anak  sudah  memiliki  kesadaran  bahwa  adanya  benda-benda  di  sekitarnya  walaupun  benda  tersebut  sudah  ia  tinggalkan  atau  sudah  tak  di  lihat,  di  dengar  ataupun  disentuh  hal  ini,  ditandai  oleh  adanya  egosentris serta  pada  periode  ini  pula  memungkinkan  anak  untuk  mengembangkan  differed-immitation, insight learning dan kemampuan berbahasa, dengan menggunakan  kata-kata  yang  benar  serta  mampu  mengekpresiakan  kalimat-kalimat  pendek  tetapi  efektif.
3.      Stadium  operasional  konkret  (7-11  tahun)
Pada  periode  ini  anak-anak  dinggap  mampu  untuk  melakukan  aktivitas  logis tertentu  tetapi  hanya  dalam  situasi  yang  konkret  saja.  Dengan  kata  lain,  bila anak  di  hadapkan  dengan  suatu  masalah  (misalnya  masalah  klasifikasi)  secara verbal,  yaitu  tanpa  adanya  bahan  yang  konkret,  maka  ia  belum  mampu  untuk menyelesaikan  masalah  ini  dengan  baik.
4.      Stadium  operasional  formal  (mulai  11  tahun)
Pada  periode  seorang  remaja  telah  memiliki  kemampuan  mengkoordinasikan  baik  secara  simulasi  maupun  berurutan  mengenai  2  ragam  kemempuan  kognitif.


            Pada  dasarnya  pola  fikir  serta  cara  seorang  anak  dalam  berperilaku maupun  dalam  mengambil  keputusan  itu  mereka  dapatkan  dengan  cara  meniru hal-hal  yang  dilakukan  oleh  orang-orang  yang  dianggap  paling  dekat  dengan mereka  baik  dari  perilaku  maupun  pola  fikir.  Hal  ini  dikarenakan  bahwa  anak-anak  merupakan  cerminan  orang  terdekat  mereka  misalnya  seperti  orangtua mereka  karena  mereka  merupakan  sosok  yang  dianggap  paling  dekat  dengan mereka  seperti  yang  diungkapakan   oleh  seorang  filosof  terkenal  yang  bernama platopada  abad  pertengahan.  Namun,  hal  ini  disanggah  oleh  seorang  filosof Inggris  bernama  John  lock  (1632-1704)  yang  menyatakan  bahwa  pengalaman dan  pendidikan  adalah  faktor  yang  menentukan  dalam  perkembangan  anak,  dia mengakui  adanya  kemampuan  bawaan  (innate knowledge)  menurutnya  isi  kejiwaan  anak  ketika  dilahirkan  diibaratkan  sebagai  secarih  kertas  kosong, dimana  corak  dan  bentuk  kertas  tersebut  sangat  ditentukan  bagaimana  kertas  itu ditulis.  Locke  memberi  istilah  Tabula  Rasa  (Blank  Slate),  mengungkapkan pentingnya  pengaruh  pengalaman  dan  lingkungan  hidup  terhadap  perkembangan anak.
           

            Namun,  saya  memiliki  argumen  tersendiri  mengenai  perkembangan  anak bahwa  perkembangan  pola  fikir  seorang  anak  memang  pada  awalnya  ketika  ia dilahirkan  mereka hanya  seperti  secarih  kertas  yang  belum  memiliki  kemampuan untuk  menyelesaikan  masalah  yang  ada  sehingga  mereka  membutuhkan seseorang  untuk  menyelesaikan  masalah  yang  mereka  hadapi  yaitu  dengan  cara meniru  perilaku  serta  pola  fikir  melalui  observasi  lewat  orang-orang  yang berada  paling  dekat  serta  mereka  anggap  sebagai  panutan  mereka  misalnya kedua  orangtua  mereka  selain  itu  para  anak  juga  biasanya  mewarisi  gen  dari orangtuanya.  Jadi,  wajar  saja  jika  anak  disebut  sebagai  cerminan  orangtua mereka.  Untuk  itulah  pentingnya  pola  asuh  yang  baik oleh  orangtua  dalam mandidik  anaknya  melalui  kegiatan  sehari-hari.  Para orangtua  juga  disarankan untuk  tidak  melakukan  tidakan-tindakan  yang  mencerminkan  kekerasan  karena  si anak  pasti  akan  cenderung  melakukan  hal  yang  sama  dengan  yang  dilakukan oleh  kedua  orangtuanya.


            Seorang  ilmuan  terkenal  dari  Inggris  yang  bernama  Charles  Darwin mengungkapkan  dalam  teori  evolusinya  lewat  Origin  of  The  Species  (1859)  dan Descent  of  Man  (1871),  pada  karya  nya  ini  bertujuan  untuk  melakukan observasi  terhadap  perkembangan  anak.  Darwin  menyatakan  bahwa  anak merupakan  sumber  yang  kaya  informasi  tentang  sifat  dan  ciri-ciri  manusia, dengan  mempelajari  tingkah  laku  dan  perkembangan  anak,  kita  bisa  mengetahui asal-usul  manusia.  Pandangan  biologis  Darwin  perkembangan  sebagai  pembukaan  kemampuan  dan  ciri-ciri  yang  telah  terprogram  secara  genetik. Pandangan  ini  kemudian  menjadi  landasan  bagi  psikolog  perkembangan  seperti Stanley  Hall  dengan “Perkembanagan Mengakhiri Evolusi”,  Sigmund  Freud dengan  Tahap-tahap Perkembangan Seksualitas”,  Arnold  Gesselord  dengan “Jadwal Tetap Pertumbuhan”  dll.  Yang  meneruskan  tradisi  Darwin.


            Untuk  alasan  itulah  saya  berpendapat  bahwa  orang  tua  sangat berpengaruh  terhadap  perkembangan  seorang  anak.  Orangtua  harus  mampu  untuk  memberikan  contoh  yang  baik  kepada  anaknnya  tidak  hanya  itu  orangtua juga  harus  mampu  mengawasi  perkembangan  anaknya  ketika  berada  diluar lingkungan  keluarga  karena  segala  hal  yang  bersifat  negatif  maupun  positf  dapat  timbul  bukan  hanya  dari  lingkuanga  keluarga  saja,  tetapi  juga  dapat berasal  dari  lingkungan  tempat  anak-anak  itu  tinggal,  lingkungan  sekolah maupun  dari  lingkungan  teman-teman  sebaya  nya.  Namun, bukan  berarti  orangtua  harus  membatasi  si  anak  dalam  berakrifitas  maupun  bersosialisasi dengan  orang  lain  melainkan  orangtua  hanya  harus  mendampingi  serta  memberi tahu  mana  saja  yang  dianggap  baik  maupun  buruk.  Hal  ini,  dikarenakan  jika orangtua  cenderung  overprotektif   kepada  anaknya  maka  mereka  anak  melakukan  penolakan  yang  bersifat  agresif   serta  biasanya  mengarah  kepada  hal-hal  yang  bersifat  negatif.  Dengan  alasan  itulah  saya  membuat  esai  ini  dengan harapan  agar  para  orangtua  lebih  mengerti  tentang  pola  asuh  dalam mengenbangkan  pola  fikir  yang  baik  pada  anak-anak  mereka.



SEKIAN
DAN TERIMA KASIH

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Laporan Magang Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandar Lampung Tahun 2020

  LAPORAN MAGANG DINAS LINGKUNGAN HIDUP KOTA BANDAR LAMPUNG   Disusun oleh : TESSA MILTASARI              1651010443       ...