MAKALAH
HUKUM BISNIS
PT
INDONESIAN SATELLITE CORPORATION, TBK
(INDOSAT)
(INDOSAT)
Nama Dosen: ASRIANI, SH.,M.H
Disusun Oleh:
PROGRAM
STUDI EKONOMI ISLAM
FAKULTAS
EKONOMI DAN BISNIS ISLAM
UIN RADEN
INTAN LAMPUNG
TAHUN 2017
KATA
PENGANTAR
Puji syukur
saya panjatkan kehadirat Allah swt, atas berkat rahmat dan karunia-Nya saya
dapat menyelesaikan penyusunan tugas Tugas mata kuliah Hukum Bisnis
tentang PT. INDOSAT.
Tugas mata
kuliah Hukum Bisnis tentang PT. INDOSAT
dalam karya ilmiah ini saya buat agar dapat memenuhi salah satu tugas pada mata
kuliah Hukum Bisnis pada semester 2. Tujuan lain penyusunan tugas ini adalah
agar pembaca dapat memahami dan menambah pengetahuan mengenai PT. INDOSAT
sebagaimana yang tertulis dalam makalah ini.
Materi ini saya sajikan dengan
bahasa yang sederhana dan menggunakan bahasa pada umumnya agar dapat dipahami
oleh pembaca.
Saya menyadari bahwa makalah ini mungkin terdapat
banyak kekurangan. Oleh karena itu saya mengharapkan kritik dan saran dari
pembaca.
Akhir kata saya mengucapkan
terima kasih, semoga makalah ini dapat bermanfaat
bagi pembaca.
Bandar Lampung, 31 Mei 2017
Penyusun
TESSA MILTASARI
DAFTAR
ISI
JUDUL
....................................................................................................................... I
KATA
PENGANTAR
............................................................................................... II
DAFTAR
ISI ............................................................................................................. III
BAB I PENDAHULUAN
A.
LATAR
BELAKANG MASALAH ....................................................... 1
B.
RUMUSAN
MASALAH ....................................................................... 2
C.
TUJUAN
MASLAH
.............................................................................. 2
BAB II PEMBAHASAN
A.
PROFIL
PERUSAHAAN
..................................................................... 3
B.
VISI
DAN MISI PERUSAHAAN ......................................................... 5
C.
ANALISA STRATEGI BISNIS INDOSAT MENGHADAPI
KRISIS
EKONOMI................................................................................ 6
D.
ANALISIS
SWOT ................................................................................. 7
BAB III PENUTUP
KESIMPULAN.............................................................................................. 8
DAFTAR
PUSTAKA ............................................................................................... 9
PENDAHULUAN
A.
LATAR
BELAKANG MASALAH
Seiring
dengan semakin derasnya arus globalisasi, yang didalamnya dituntut adanya
pertukaran informasi yang semakin cepat antar daerah dan negara, membuat
peranan telekomunikasi menjadi sangat penting. Telekomunikasi sebagai wahana
bagi pertukaran informasi akan semakin memperhatikan aspek kualitas jasa.
Selain itu perkembangan di bidang dunia informasi saat ini begitu cepat, baik
dilihat dari isi maupun teknologi yang digunakan untuk menyampaikan informasi.
Hal tersebut
di atas telah menimbulkan suatu kondisi persaingan yang sangat ketat di antara
perusahaan-perusahaan telekomunikasi, yang tingkat persaingannya tidak lagi
domestik, tetapi bersifat internasional. Sehingga untuk dapat memenangkan
persaingan tersebut, tentu diperlukan suatu strategi yang tepat dan penerapan
yang baik.
Dalam hal
ini, kami mencoba menganalisis Indosat sebagai salah satu perusahaan
telekomunikasi di Indonesia yang menyediakan jasa telekomunikasi internasional,
sebagai bahan studi. Dengan pertimbangan, Indosat dikenal sebagai perusahaan
yang mempunyai kinerja yang cukup baik dan terbukti dengan penghargaan Asia
Money Awards 1996 ( Best Managed Company : Best Investor Relations, Best
Strategy, and Management), SWA Best CEO Awards 1997, ISO 9002
Certification 1997, dan beberapa penghargaan lainnya.
Dalam
makalah ini akan dicoba dibahas mengenai
profil, misi, visi, kondisi lingkungan , dan strategi perusahaan, terutama yang
menyangkut kondisi terkini yang sedang di alami perusahaan dalam krisis ekonomi
yang melanda Indonesia.
B. RUMUSAN MASALAH
1.
Bagaimana profil dari PT. Indosat ?
2.
Apa saja visi dan misi dari PT. Indosat?
3.
Bagaimana analisa strategi bisnis Indosat menghadapi Krisis Ekonomi?
4.
Bagaimana analisis SWOT dari PT.Indosat?
C. TUJUAN MASALAH
1.
Untuk dapat mengetahui profil dari PT. Indosat.
2.
Untuk dapat mengetahui visi dan misi dari PT. INDOSAT.
3.
Untuk dapat mengetahui bagaimana analisa strategi bisnis indosat menghadapi
krisis ekonomi.
4.
Untuk dapat mengetahui tentang analisis SWOT dari PT.
INDOSAT.
BAB II
PEMBAHASAN
A. PROFIL PERUSAHAAN
1. Sejarah
Perusahaan
PT.
Indonesian Satellite Corporation (Indosat) didirikan pada tahun 1967 sebagai
anak perusahaan yang dimiliki secara penuh oleh International Telephone and
Telegraph Corporation (ITT). Tahun 1969, Indosat memulai operasi komersialnya
dan telah menjadi penyedia utama jasa telekomunikasi internasional di
Indonesia, menghubungkan Indonesia secara langsung ke hampir 252 negara dan
tujuan di seluruh dunia. Bisnis utama Indosat adalah menyediakan jasa switched
dan non-switched telekomunikasi internasional. Indosat ditugaskan
pemerintah Indonesia untuk membangun, mentransfer, dan mengoperasikan selama 20
tahun sebuah stasiun bumi Intelsat di Indonesia untuk mengakses penggunaan
kapasitas Intelsat di satelit Indian Ocean Region (IOR). Tahun 1980, ITT
menjual Indosat kepada pemerintah Indonesia. Setelah transfer, Indosat menjadi
Badan Usaha Milik Negara dalam bentuk Perseroan Terbatas, dan menjadi
satu-satunya penyedia jasa telekomunikasi internasional di Indonesia. Pada
waktu itu, Pemerintah Indonesia mentransfer kepemilikan fasilitas Indosat
kepada Indosat. Tahun 1982, dalam rangka memisahkan secara efektif jaringan
telekomunikasi domestik dan internasional, seluruh kepemilikan Perumtel pada
kabel bawah laut internasional dan gerbang serta operator internasionalnya di
Jakarta ditransfer ke Indosat dan Indosat mentransfer aset tertentu yang
berhubungan dengan telekomunikasi domestik ke Perumtel. Pada bulan Oktober
1994, Indosat menyelesaikan initial global public offering saham-sahamnya.
Saham-saham tersebut diperdagangkan baik di Bursa Efek Jakarta maupun New York
Stock Exchange.
berikut
merupakan undang-undang yang mengatur tentang pendirian PT. Indosat di
Indonesia:
·
Pasal 7 ayat (4). Perseroan memperoleh status badan
hukum pada saat tanggal diterbitkan
Keputusan Menteri.
·
Pasal 7 ayat (7) pengecualian perseroan didirikan
sedikitnya 2 orang dan mempunyai sedikitnya 2 saham
·
Pengajuan permohonan pengesahan badan hukum 60 hari.
·
Menteri
langsung setuju atau menolak secara elektronik
·
Pernyataan 30 hari tidak berkeberatan.
·
Dapat diajukan lagi selama masih dalam kurun waktu 60
hari.
·
Jika telah
lewat batal.
·
Perbuatan
hukum sebelum perseroan didirikan harus dicantumkan dalam akta pendirian
·
Melekatkan
akta dibawah tangan
·
Menyebutkan
nomor, tanggal dan nama serta alamat notaris yang membuat akta.
·
Muatan anggaran dasar sama dengan UU no. 1 tahun 1995.
2. Produk dan Jasa Indosat
2. Produk dan Jasa Indosat
·
SWITCHED PRODUCT: International Direct Dialing (IDD),
Indosat Calling Card (ICC), Indosat Prepaid Card, Visa Phone, International
Toll-Free, International Video Confrence, Home Country Direct, Indonesia
Direct, International Telegram and Telex Service, FaxPlus, Data Packet
Communication Connection,
ISDN-Pasopati, Inmarsat.
·
NON-SWITCHED PRODUCT: International Leased Circuit
Service, Indosat Business Service, International Private Circuit, Virtual
Private Network, Frame Relay, Television Channel Service .
3.
Perusahaan Anak dan Afiliasi
Indosat
mempunyai investasi di: Acasia Communicationd Sdn.Bhd. (ACASIA), PT Aplikanusa
Lintasarta (Lintasarta), ASEAN Cableship Pty.Ltd (ACPL), Astel Tokyo
Corporation (Astel), PT Bangtelindo (Bangtelindo), Cambodian Indosat
Telecommunications S.A. (Camintel), PT EDI Indonesia, PT Duta Sukses Utama, PT
Graha Informatika Nusantara, PT Graha Lintas Properti, I-CO Global
Communication (Holdings) Ltd, PT Indokomsat Lintas Dunia (Indokomsat), PT Mitra
Global Telekomunikasi (MGTI), PT Patra Telekomunikasi Indonesia (Patrakomindo),
PT Satelit Palapa Indonesia (Satelindo), PT Sisindosat Lintasbuana, PT
Sistelindo Mitra Lintas, PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel), USA Global
Link, PT Kalimaya Perkasa Finance, PT Asitelindo Data Buana, PT Intikom
Telepersada, PT Indoprima Mikroselindo (Primasel), Suginami Cable Television Co.
Ltd., PT Yasawirya Tama Cipta (YTC), Indosat Kazakstan Telecommunications Ltd.
(Inkasel), International Satellite Organisations, PT Multi Media Asia Indonesia
(MMAI), PT Pramindo Ikat Nusantara, AlphaNet Telecom Inc, PT Indosat Mega Media
(IMM), PT Menara Jakarta, PT Yasawirya Indah Mega Media, PT Multimedia
Nusantara, PT Datakom Asia, ASEAN Telecom Holding Sdn.Bhd. (ATH), PT Indokomsat
Lintas Dunia, PT Indosel.
B. MISI DAN
VISI PERUSAHAAN
1. Misi
Perusahaan
Setelah
Pemerintah Indonesia mengambil alih kepemilikan seratus persen saham PT.
Indosat dari the American Cable and Television Corporation (ITT/ACR) pada
tanggal 31 Desember 1980, kemudian dirumuskanlah misi baru Indosat pada tahun
1981, yang didasarkan pada suatu pandangan untuk mentransformasikan Indosat
menjadi Badan Usaha Milik Negara yang bersih dan sukses.
Indosat
mendefinisikan misi perusahaan tersebut sebagai berikut:
·
Menyediakan jasa terbaik pada konsumen
·
Memberikan hasil terbaik kepada pemegang saham
·
Mempertahankan dan meningkatkan citra terbaik
perusahaan
2. Visi
Perusahaan
Saat Indosat
akan go public ke bursa saham dunia pada tahun 1994, dilakukan
redefinisi visi perusahaan untuk menyesuaikan diri dengan trend global
dalam sektor telekomunikasi dan memperhitungkan strategi dari perusahaan
telekomunikasi kelas dunia.Indosat mendefinisikan tujuan yang hendak diraih
yang tertuang dalam visi perusahaan sebagai berikut:
·
Mempertahankan kepemimpinan pasar dalam jasa
telekomunikasi internasional di Indonesia
Dengan masuknya pemain baru seiring berakhirnya monopoli sebagai penyedia jasa telekomunikasi internasional, Indosat harus berjuang untuk memimpin pasar dengan: 1) mempertahankan pangsa pasar dominan, dan 2) menyediakan jasa yang terbaik, baik dalam kualitas dan jangkauan produk dan jasa.
Dengan masuknya pemain baru seiring berakhirnya monopoli sebagai penyedia jasa telekomunikasi internasional, Indosat harus berjuang untuk memimpin pasar dengan: 1) mempertahankan pangsa pasar dominan, dan 2) menyediakan jasa yang terbaik, baik dalam kualitas dan jangkauan produk dan jasa.
·
Memperkuat posisinya sebagai perusahaan telekomunikasi
berkelas dunia
Adanya kecendrungan di sektor telekomunikasi menuju swastanisasi perusahaan negara dan dibukanya pasar dunia, yang mengakibatkan masuknya pemain asing dalam industri domestik, menuntut Indosat untuk dapat bersaing dengan perusahaan multinasional. Dengan strategi untuk memasuki pasar global diharapkan dapat: 1) meningkatkan nilai perusahaan melalui ekspansi bisnis , dan 2) meningkatkan citra perusahaan yang memperkuat posisinya di Indonesia.
Adanya kecendrungan di sektor telekomunikasi menuju swastanisasi perusahaan negara dan dibukanya pasar dunia, yang mengakibatkan masuknya pemain asing dalam industri domestik, menuntut Indosat untuk dapat bersaing dengan perusahaan multinasional. Dengan strategi untuk memasuki pasar global diharapkan dapat: 1) meningkatkan nilai perusahaan melalui ekspansi bisnis , dan 2) meningkatkan citra perusahaan yang memperkuat posisinya di Indonesia.
·
Menjadi pemain global dalam industri telekomunikasi
dunia Dalam rangka
mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar dan menjadi pemain global,
Indosat menaikkan standard sesuai dengan standard yang digunakan oleh
perusahaan telekomunikasi multinasional, sebagai operator telekomunikasi
global.
C. ANALISA STRATEGI BISNIS INDOSAT MENGHADAPI
KRISIS EKONOMI
Sehubungan dengan krisis ekonomi yang melanda
Indonesia, Indosat mengalami masa yang sulit sejak awal 1998 ketika Rupiah
terdepresiasi secara drastis. Banyak bisnis di Indonesia yang mengalami
kemacetan karena kondisi makro ekonomi, instabilitas politik, dan gejolak
sosial. Dilengkapi dengan krisis moneter, situasi ini mempengaruhi pertumbuhan
permintaan jasa telekomunikasi internasional di Indonesia. Dibandingkan dengan
tahun sebelumnya, pertumbuhan volume lalu-lintas lebih lambat, yang memaksa
Indosat untuk : lebih berhati-hati dalam kegiatan operasi dan manajemen arus
kas terutama mata uang asing, sehubungan komitmen investasi yang jatuh waktu.
Sebagai strategi bisnis dalam menghadapi krisis
ekonomi ini, Indosat menerapkan kebijakan, antara lain:
·
Selalu mencari cara yang paling ekonomis menurunkan
beban pembelanjaan pada mata uang asing
·
Melakukan kebijakan konservatif menyangkut situasi
krisis ekonomi Indonesia
Menerapkan kebijakan likuiditas yang berhati-hati
Menerapkan kebijakan likuiditas yang berhati-hati
·
Melindungi fundamental dasar Indosat dari pengaruh
kinerja negatif anak perusahaan
D. ANALISIS SWOT
- Strength:
Kekuatan Indosat antara lain terdapat pada: hak duopoli yang dimilikinya, pengalaman mengelola bisnis telekomunikasi internasional, kekuatan manajemen dan budaya perusahaan, rangkaian produk dan jasa yang luas, teknologi yang mutakhir pada peralatannya, kualitas produk dan jasa, serta citra perusahaan yang baik. - Weakness:
Kelemahan Indosat antara lain terdapat pada: kurangnya kebiasaan bersaing secara ketat akibat kenikmatan hak duopoli yang dimilikinya, rentannya likuiditas perusahaan akibat besarnya kewajiban yang dimilikinya, dan diversifikasi yang berlebihan seperti pada perusahaan anak dan afiliasi yang kurang menguntungkan. - Oppurtunities:
Peluang bagi Indosat antara lain: besarnya pasar domestik yang belum tergarap, perluasan usaha baru yang melingkupi bisnis inti yang cukup menguntungkan, dan bisnis telekomunikasi global yang cukup menjanjikan. - Threat:
Ancaman bagi Indosat antara lain: masuknya pendatang baru terutama dari luar negeri sehubungan akan berakhirnya hak duopoli, kompetisi global yang memasuki pasar domestik, dan krisis ekonomi yang melanda Indonesia.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Setelah menganalisis data-data dan informasi
sebelumnya, maka bisa ditarik beberapa kesimpulan mengenai manajemen strategi
Indosat, yaitu:
- Strategi yang tepat diperlukan dalam menghadapi persaingan yang sangat ketat dalam industri telekomunikasi, yang tingkat persaingannya tidak lagi domestik, tetapi bersifat internasional.
- Indosat mempunyai kinerja yang cukup baik dalam menghasilkan keuntungan, namun mempunyai posisi yang rentan menyangkut likuiditasnya.
- Krisis ekonomi yang melanda Indonesia mempunyai dampak yang cukup dirasakan oleh Indosat, walaupun tidak mempengaruhi kenaikan pendapatan namun mengalami penurunan.
- Indosat cukup tepat dalam memilih strategi bisnis menghadapi krisis ekonomi yang melanda Indonesia pada saat ini, yang sesuai dengan strategi jangka panjang Indosat seperti yang tertuang dalam Grand Strategy dan Growth Strategy untuk mewujudkan Indosat sebagai perusahaan yang merupakan "penyedia jasa penuh" dan "pemimpin bisnis multimedia".
DAFTAR
PUSTAKA
Ardiansya,
Samantha. "Persaingan Gaet Pelanggan Makin Ketat," Bisnis
Indonesia, 1997
Certo, Samuel C dan Paul J.Peter. Strategic Management,Concept and Applications. Richard D.Irwin, New Jersey, 1995
Nurkholis. "Posisi Industri Telekomunikasi Menjelang Perdagangan bebas," Republika, 1997
Purnomo, Hari Setiawan dan Zulkiflimansyah. Manajemen Strategi : Sebuah Konsep Pengantar. Lembaga Penerbit FEUI, Jakarta, 1996
Pearce, John A II dan Richard B.Robinson Jr. Strategic Management: Formulation, Implementation, and Control. Richard D.Irwin, New Jersey, 1997
Situs Web Indoexchange. http://www.indoexchange.com, 1998
Situs Web PT Indosat. http://www.indosat.co.id, 1998
Situs Web PT Telkom. http://www.telkom.co.id, 1998
Winarno, Bondan. Creating Value in a State Owned Company: a Case Study of PT Indosat. Inspirasi Indonesia, Jakarta, 1997
Certo, Samuel C dan Paul J.Peter. Strategic Management,Concept and Applications. Richard D.Irwin, New Jersey, 1995
Nurkholis. "Posisi Industri Telekomunikasi Menjelang Perdagangan bebas," Republika, 1997
Purnomo, Hari Setiawan dan Zulkiflimansyah. Manajemen Strategi : Sebuah Konsep Pengantar. Lembaga Penerbit FEUI, Jakarta, 1996
Pearce, John A II dan Richard B.Robinson Jr. Strategic Management: Formulation, Implementation, and Control. Richard D.Irwin, New Jersey, 1997
Situs Web Indoexchange. http://www.indoexchange.com, 1998
Situs Web PT Indosat. http://www.indosat.co.id, 1998
Situs Web PT Telkom. http://www.telkom.co.id, 1998
Winarno, Bondan. Creating Value in a State Owned Company: a Case Study of PT Indosat. Inspirasi Indonesia, Jakarta, 1997
http://dokumen-akuntansi.blogspot.co.id/2013/03/pokok-pokok-undang-undang-no-40-tahun.html
Diakses pada tanggal 28 mei 2017 pukul 16:00 WIB.
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.